Sabtu, 15 Desember 2012

Psikologi dalam Perspektif Penulis


“Psikologi secara formal didefinisikan sebagai kajian ilmiah mengenai perilaku dan proses-proses mental.”
                Pendapat lain mengatakan bahwa psikologi adalah ilmu mengenai manusia. Perlu diketahui bahwa psikologi bukanlah ilmu umum. Perbedaan antara keyakinan yang popular dan kenyataan yang sebenarnya dari psikologi itu sendiri merupakan satu factor yang mendorong dibalik debat dalam disiplin ilmu ini sejak awal abad ke-21. Sejumlah akademisi  memerhatikan psikologi menjadi sangat negative, memusatkan pada prilaku yang tidak sesuai dengan apa yang seharusnya. Apa yany ditekankan oleh psikologi negative adalah prilaku yang tidak sesuai daripada menganggap psikologi sebagai ilmu yang mempelajari karakter dan perilaku.
                Menurut gua sendiri sih, psikologi itu adalah ilmu yang mengajarkan tentang proses mental yang terlihat dalam perilaku. Alasan gua masuk jurusan ini sih gua berharap psikologi dapat ngajarin gua tentang “gimana gua bisa membaca apa yang akan terjadi jika”. Psikologi itu sendiri mengajarkan tentang banyak hal sejauh mata kuliah yang gua jalanin sekarang. Walaupun baru semester 1, tapi waktu gua lihat mata kuliah psikologi, gua yakin akan banyak hal yang akan gua dapat disini.
                Psikologi sejauh gg cuma ngajarin tentang apa yang gua maksud tadi. Banyak hal baru dan menyenangkan dalam psikologi, menurut gua si. Psikologi akan ngajarin gua tentang banyak hal dan akan membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan gua. Seperti dulu, “ngapa si dia bisa ngelakuin hal itu”, atau “apa yang akan terjadi jika gua bla-bla-bla”. Dalam hal prilaku tentunya. Dulu gua kira kalau sosiologi bakal jadi masa depan gua. Tapi akhirnya psikologi. Perlu diketahui bahwa gua dulu pengen jurusan psikologi, sosiologi. Tapi gua harus milih salah satu. Psikologi akhirnya, walaupun gua cinta banget sama sosiologi.
                Psikologi mencakup  banyak hal dalam kajiannya. Psikologi adalah ilmu tentang yang dimaksud tadi, tetapi lebih luas lagi tentang proses mental dalam dan keseluruhan kehidupan. Seperti perkembangan, kepribadian, kecerdasan, patologi mental dan banyak lagi.
                Munkin cukup sekian posting gua hari ini, lebih lanjutnya pada posting berikunya J

Semoga Bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar